KPU Siapkan Tiga Nama Calon Sekjen KPU Baru

Written By empapat on Rabu, 28 November 2012 | 00.24



Selasa, 27/11/2012 23:34 WIB








Jakarta - Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memecat Sekjen KPU dan tiga orang lainnya karena dianggap melanggar kode etik. Atas kekosongan posisi setelah pemecatan itu, KPU menyiapkan tiga calon nama Sekjen KPU yang akan diserahkan apda Desember 2012.

"Kita berharap pertengahan Desember tanggal 17 kami sudah bisa sebut tiga nama kepada presiden sebagai calon Sekjen yang penuhi syarat-syarat sebagaimana ketentuan undang-undang. Kita juga akan tunjuk Plt Biro hukum, dan posisi lain yang kosong," kata ketua KPU Husni Kamil Manik menjawab pertanyaan anggota komisi II tentang keputusan DKPP soal pemecatan Sekjen KPU.

Hal itu disampaikan dalam rapat KPU dan Bawaslu dengan komisi II DPR tentang evaluasi anggaran tahun 2012,di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/11/2012) malam.

Selain itu, Husni juga menjawab tanggapan tentang sikap KPU atas keputusan sidang DKPP yang memerintahkan KPU untuk memasukkan 18 parpol yang tidak lolos verifikasi faktual dimasukkan dalam verifikasi faktual.

"Dan kita akan respons 18 parpol yang direkomendasikan DKPP untuk masuk verifikasi faktual ini bagaimana sikap KPU secara kelembagaan, mudah-mudahan tidak ada isu kami diintervensi DPR sebelum mengambil keputusan ini," lanjutnya.

Anggota KPU lain, Ida Budhiati menegaskan bahwa KPU belum bisa mengambil keputusan terkait hasil sidang DKPP yang meminta memasukkan 18 parpol tak lolositu masuk dalam verifikasi faktual.

"Keputusan bagi KPU yang tidak mudah ditindaklanjuti. Usai menghadiri sidang kami mencoba berkoordinasi dan karena waktu tidak mencukupi kami hadir dalam forum ini, maka belum ada keputusan yang bisa kami sampaiakn. Kami masih membutuhkan waktu relatif dekat untuk kami sampaikan kebijakan KPU dalam menindaklanjuti keputusan DKPP," jelas Ida.

"Tetapi dalam aspek konstruksi undang-undang, bahwa keputusan DKPP ini bersifat final dan mengikat, ada kewajban bagi KPU dan Bawaslu untuk tindaklanuti putusan DKPP itu," lanjutnya.

Sebelumnya diberitakan, Sidang Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan 'memecat' Sekjen Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) dkk. Keputusan 'pemecatan' tersebut diambil karena yang bersangkutan dinilai melanggar kode etik.

(iqb/mad)







Tutup

 Share to Facebook:


You are redirected to Facebook







loadingSending your message




Message has successfully sent













Sponsored Link




Anda sedang membaca artikel tentang

KPU Siapkan Tiga Nama Calon Sekjen KPU Baru

Dengan url

http://personalproblemsother.blogspot.com/2012/11/kpu-siapkan-tiga-nama-calon-sekjen-kpu.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

KPU Siapkan Tiga Nama Calon Sekjen KPU Baru

namun jangan lupa untuk meletakkan link

KPU Siapkan Tiga Nama Calon Sekjen KPU Baru

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger