5 Hari Terbakar, Api di Sumur Minyak Ilegal di Langkat Akhirnya Padam

Written By empapat on Rabu, 19 Desember 2012 | 00.24





Rabu, 19/12/2012 00:09 WIB





Khairul Ikhwan - detikNews





Medan, - Api yang menyala dari salah satu sumur minyak ilegal di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) akhirnya padam, Selasa (18/12/2012). Api ini sudah menyala selama lima hari.

Camat Padang Tualang Yafizham Parinduri menyebutkan, api itu padam dengan sendirinya sekitar pukul 07.00 WIB. Kemungkinan besar karena gas dan minyak dari sumur itu sudah habis terbakar.

"Jadi padam dengan sendirinya, tanpa ada upaya pemadaman sama sekali," kata Yafizham Parinduri kepada wartawan malam tadi.

Disebutkan Yafizham, dengan padamnya api itu, maka pemerintah kecamatan bersama dengan warga segera membuat tanggul di sekitar sumur minyak yang sudah padam itu. Ketinggiannya sekitar satu meter dengan luas sekitar 100 meter persegi. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan ada api lagi keluar dari sumur itu dan menyebabkan kebakaran lagi.

"Pembuatan tanggul itu juga selesai dilakukan dengan alat berat, sekitar jam empat sore. Jadi kini situasinya sudah lebih menenangkan," Yafizham.

Selama api menyala di sumur minyak itu dalam lima hari terakhir, kata dia, warga menjadi gelisah. Khawatir api merembet kemana-mana. Upaya pemadaman sempat sulit dilakukan karena akses ke lokasi yang tidak bisa dilalui mobil pemadam kebakaran, namun ternyata api itu padam sendiri akhirnya.

Sumur minyak ilegal itu berada di tengah perkebunan sawit di Dusun Proyek, Desa Buluh Telang, Kecamatan Padang Tualang. Sumur itu terbakar sejak Jumat (14/12/2012) pagi setelah minyak menyembur tiba-tiba dan menyambar api rokok seorang penambang minyak liar. Akibatnya tujuh orang terbakar dan terpaksa dirawat di rumah sakit.

Ada lebih dari 3.000 sumur minyak kecil-kecil yang tersebar di Padang Tualang dan sekitarnya, dan selama ini dikelola secara ilegal oleh warga. Rembesan minyak gampang muncul di sana, mulai dari halaman rumah hingga kebun. Minyak mentah yang berhasil dikumpulkan, kemudian dijual kepada penampung.

(rul/ahy)









Sponsored Link




Anda sedang membaca artikel tentang

5 Hari Terbakar, Api di Sumur Minyak Ilegal di Langkat Akhirnya Padam

Dengan url

http://personalproblemsother.blogspot.com/2012/12/5-hari-terbakar-api-di-sumur-minyak.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

5 Hari Terbakar, Api di Sumur Minyak Ilegal di Langkat Akhirnya Padam

namun jangan lupa untuk meletakkan link

5 Hari Terbakar, Api di Sumur Minyak Ilegal di Langkat Akhirnya Padam

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger