Wakil Sekjen Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Satria Hamid mengatakan, seharusnya pepaya ini menggunakan merek lokal asli, sehingga masyarakat tahu bahwa ini produk lokal.
"Pepaya merek California itu sebenarnya pepaya Subang, itu dari kita, hanya dikasih brand California," ucap Satria di Hotel iBis Tamarin, Jakarta, Selasa (5/2/2013).
"Inilah kenapa kita minta diperkuat di sisi hulunya. Selain di petani, pemberian brand juga perlu diatur agar setiap produk sini memakai brand sendiri, kita ngga ada aturannya. Harusnya kita kasih brand apa gitu, kasih nama pepaya apa kek, pepaya merah kek," kata Satria.
Para pengusaha supermarket atau swalayan yang tergabung dalam Aprindo menyatakan, merek California dibuat untuk komersialisasi.
"Selama ini kan produk kita kalah bersaing dengan impor, ya memang untuk meningkatkan ketertarikan pasar juga. Sebagian sudah ada yang menyebutnya pisang Subang tapi lebih dikenal pisang California," ujar Satria.
Selama ini, ujar Satria, pemerintah mengeluarkan dana tak sedikit untuk sosialisasi dan kampanye penggunaan buah lokal. Namun dia meminta jangan hanya asal produksi saja, namun juga harus memikirkan produk yang bakal diminati oleh masyarakat.
(dnl/dnl)
Anda sedang membaca artikel tentang
Biar Laku, Pepaya Subang Diberi Nama Pepaya California
Dengan url
http://personalproblemsother.blogspot.com/2013/02/biar-laku-pepaya-subang-diberi-nama.html
Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya
Biar Laku, Pepaya Subang Diberi Nama Pepaya California
namun jangan lupa untuk meletakkan link
Biar Laku, Pepaya Subang Diberi Nama Pepaya California
sebagai sumbernya
0 komentar:
Posting Komentar