40 Karya Pelukis Autis Dipamerkan di Surabaya  

Written By empapat on Rabu, 03 April 2013 | 00.30


TEMPO.CO, Surabaya -Tak kurang 40 hasil karya para penyandang autis dipamerkan di Surabaya, Jawa Timur. Karya para penyandang autis dari Jawa Timur dan Jawa Barat berupa lukisan, gambar, kerajinan tangan, hingga kolase tersebut dipajang di atrium sebuah mal di kawasan Gubeng, Surabaya.


Divisi Advokasi Yayasan Advokasi Sadar Autis (ASA) Surabaya, Vika Wisnu, mengatakan karya-karya penyandang autis tersebut sebagian besar berasal dari penyandang autis di Kota Surabaya. Sejumlah karya lainnya berasal dari Jember, Malang, Pasuruan, dan Bandung. "Pembuatnya adalah penyandang autis usia anak-anak hingga usia remaja," kata ibu dari seorang anak penyandang autis ini kepada Tempo, Selasa, 2 April 2013.


Puluhan karya tersebut dipajang di sejumlah tripod disandingkan dengan lukisan-lukisan karya para pelukis yang bukan penyandang autis. Selama enam hari hingga 7 April 2013, karya-karya seni itu menghangatkan forum bertajuk »Art for Autism” tersebut.


Dua lukisan yang dipamerkan antara lain karya penyandang autis Aska Aulia Naydarrahman dari Surabaya dan Aan Arda dari Bandung. Sebagian besar lukisan penyandang autis ini menggambarkan pemandangan alam seperti gunung, rumah, pohon, serta matahari. Ada pula gambar anak-anak. Arsiran-arsirannya terlihat tegas dengan dominasi warna yang mencolok. "Tekanan-tekanan tangan ketika menggambar cukup jelas terlihat pada lukisan mereka. Arsirannya terlihat bebas," ujar Ketua Panitia Art for Autism ini di sela acara pameran, Selasa siang ini.


Menurut Vika, pameran ini bertujuan untuk membentuk lingkungan yang lebih ramah bagi penyandang autis. Ia berharap masyarakat tidak melihat penderita autis dari faktir kelemahan-kelemahannya saja. Namun lihat juga kelebihan-kelebihan yang mereka miliki.


DAVID PRIYASIDHARTA


Berita terpopuler lainnya:


'Postingan Idjon Djanbi Tak Bisa Dipertanggungjawabkan'


Misteri Selongsong Peluru di Cebongan


Pati, Kota Seribu Paranormal


Bambang Pamungkas Pensiun dari Timnas Indonesia


Anda sedang membaca artikel tentang

40 Karya Pelukis Autis Dipamerkan di Surabaya  

Dengan url

http://personalproblemsother.blogspot.com/2013/04/40-karya-pelukis-autis-dipamerkan-di.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

40 Karya Pelukis Autis Dipamerkan di Surabaya  

namun jangan lupa untuk meletakkan link

40 Karya Pelukis Autis Dipamerkan di Surabaya  

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger