Takut Ketularan Virus Flu Burung, RI Setop Impor Bulu Bebek dari China

Written By empapat on Rabu, 10 April 2013 | 00.26

Jakarta - Merebaknya virus flu burung jenis baru H7N9 di China membuat pemerintah Indonesia melakukan langkah antisipasi dengan melarang impor produk unggas dan turunannya yang berasal dari negeri tirai bambu tersebut.

Demikian disampaikan oleh Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Rusman Heriawan kepada detikFinance, Selasa (9/4/2013).

"Mungkin besok ada surat keputusan Menteri Pertanian tentang pemberhentian atau menyetop sementara produk-produk unggas, baik itu bibit itik, atau dalam bentuk unggas potong, ataupun produk-produk turunannya," kata Rusman.

Setelah surat keputusan diteken Menteri Pertanian, pemerintah akan segera mengirim surat ini ke badan perdagangan dunia (WTO) sebagai notifikasi darurat, untuk menghindari penyebaran virus flu burung.

"Ini kita lakukan setelah mendengar hasil dari rekomendasi komisi ahli kesehatan hewan yang bekerja secara independen. Jadi lebih baiknya produk-produk itu disetop. Badan Karantina juga sudah membuat edaran ke UPT (unit pelaksana teknis) di bandara dan pelabuhan untuk menjaga teritori dari masuknya unggas-unggas dari China," papar Rusman.

Dijelaskan Rusman, tipikal virus baru H7N9 ini tidak mematikan unggas, namun sangat potensial menular ke manusia. Bahkan kabarnya sudah ada korban yang meninggal akibat virus ini. Indonesia meningkatkan kewaspadaan melalui larangan masuknya impor produk unggas dan turunannya dari China.

Dikatakan Rusman, selama ini Indonesia hanya mengimpor bulu bebek saja dari China untuk keperluan bahan baku industri shuttlecock, guna mendukung olahraga badminton.

"Impor unggas-unggas dari China, cuma satu-satunya bulu bebek kering, untuk industri shuttlecock. Itu tercatat masuk bulan lalu. Jadi nanti tidak bisa masuk lagi. Ada orang mengira kita impor bibit itik Peking, tapi itu dari Eropa atau Prancis," kata Rusman.

Menurutnya, larangan impor ini dilakukan sampai pihak China mendeklarasikan bahwa negaranya telah aman dari virus flu burung ini. "Jadi saat ini lebih baik kita menghindari potensi penyakit tersebut," cetus Rusman.

(dnl/hen)

Anda sedang membaca artikel tentang

Takut Ketularan Virus Flu Burung, RI Setop Impor Bulu Bebek dari China

Dengan url

http://personalproblemsother.blogspot.com/2013/04/takut-ketularan-virus-flu-burung-ri.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Takut Ketularan Virus Flu Burung, RI Setop Impor Bulu Bebek dari China

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Takut Ketularan Virus Flu Burung, RI Setop Impor Bulu Bebek dari China

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger