Mobil Listrik Nasional Belum Bisa Diproduksi Massal

Written By empapat on Rabu, 16 April 2014 | 00.26

Jakarta -Para pencipta atau peneliti Indonesia telah mampu menciptakan purwarupa atau prototype mobil listrik berbagai tipe, sebagai bagian dari penelitian. Sedangkan untuk mencapai tahap produksi massal hingga dikomersialkan masih memerlukan waktu.

"Karena ilmuwan cuma bisa bikin sampai purwarupa nggak bisa sampai seribu (produksi massal). Itu urusan industri," kata Deputi Bidang Pembedayagunaan Iptek Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) Pariatmono di acara Leader's Forum di Kantor BPPT, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Pariatmono mengatakan belum ada landasan hukum yang mengatur pengembangan mobil listrik. Akibatnya proses pengujian hingga sertifikasi berjalan lambat.

"Dicoba di jalan atau test drive. Kalau selamat nggak apa-apa. Kalau tabrak siapa yang nanggung. Dia nggak bayar STNK. Itu untuk asuransi. Kalau masih purwarupa nggak ada yang ganti. Jadi perlu ada asuransi teknologi. Pas kasih asuransi bagaimana landasan hukumnya?," jelasnya.

Masalah birokrasi ini tentu saja bukan menjadi urusan yang harus ditanggung para pencipta mobil listrik. "Ilmuwan kita dibebani masalah administrasi. Kalau memang perlu. Jadi ada banyak peraturan yang harus kita gulirkan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Deputi Menteri Koordinator Perekonomian Bidang Koordinasi Industri, Inovasi Teknologi dan Kawasan Ekonomi Edy Putra Irawady menjelaskan pemerintah terus berupaya melahirkan dan mendorong prototype mobil listrik yang bisa masuk tahap sertifikasi. Saat ini, belum ada prototype yang layak untuk masuk sertifikasi hingga produksi massal.

"Kita dorong prototype, belum skala industri. Kemenristek masih uji coba konsep mobil listrik. Karena harus lengkap semua. Stasiun charger bagaimana standarnya. Sekarang belum tergambar. Terus insentifnya bagaimana," jelasnya.

Dengan menghasilkan purwarupa yang layak diproduksi dan tidak sekedar meniru pabrikan dunia, maka mobil listrik Indonesia bisa bersaing. Selain itu, perlu juga disiapkan industrialisasi komponen yang bisa mendukung produksi mobil listrik nasional.

"Konten impor, block mesin masih impor. Kita belum punya teknologi. Kita masih merakit. Temukan karakter brand Indonesia kalau nggak nanti ikutan prinsipal saja," katanya.


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!


Anda sedang membaca artikel tentang

Mobil Listrik Nasional Belum Bisa Diproduksi Massal

Dengan url

http://personalproblemsother.blogspot.com/2014/04/mobil-listrik-nasional-belum-bisa.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Mobil Listrik Nasional Belum Bisa Diproduksi Massal

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Mobil Listrik Nasional Belum Bisa Diproduksi Massal

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger