LTE Mau Sukses? Hadapi Dulu Tantangan Ini

Written By empapat on Rabu, 15 Oktober 2014 | 00.05

Jakarta - Sebagai penerus 3G, LTE tentu diharapkan sebagai jawaban atas kebutuhan akses data internet mobile yang cepat. Namun agar bisa sukses dan optimal, setidaknya ada sejumlah tantangan yang harus bisa dijawab oleh LTE.

Menurut Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Setyanto P Santosa, sedikitnya ada empat tantangan yang harus dijawab dalam kerangka optimalisasi teknologi LTE di Indonesia.

Pertama, harus ada penentuan model berkelanjutan untuk pengembangan teknologi broadband di Indonesia dengan menitikberatkan partisipasi aktif sektor privat atau para pengusaha.

"Kemudian kedua, demi lancarnya penerapan LTE di Indonesia harus dicari cara paling ideal untuk menciptakan harmonisasi spektrum yang ada," kata Setyanto di sela LTE Summit di Hotel JW Marriot, Jakarta, Selasa (14/10/2014).

Ketiga, perlu ditentukan cara mendorong agar pelaku industri lokal juga turut mendapatkan keuntungan dengan berkembangnya LTE, misalnya melalui pembukaan kesempatan akses dan penyediaan konten.

Dan terakhir yang keempat, bagaimana mendorong agar industri manufaktur lokal bisa berkemampuan dan berkemauan untuk memproduksi perangkat CPE untuk 4G berbiaya rendah.

"Sebab dengan biaya rendah, harga murah, daya jangkau konsumen meningkat. Nah, opsi yang bisa diambil misalnya pemberian insentif kepada industri manufkatur lokal yang produksi Perangkat 4G murah," pungkasnya.

(rou/ash)

Anda sedang membaca artikel tentang

LTE Mau Sukses? Hadapi Dulu Tantangan Ini

Dengan url

http://personalproblemsother.blogspot.com/2014/10/lte-mau-sukses-hadapi-dulu-tantangan-ini.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

LTE Mau Sukses? Hadapi Dulu Tantangan Ini

namun jangan lupa untuk meletakkan link

LTE Mau Sukses? Hadapi Dulu Tantangan Ini

sebagai sumbernya

0 komentar:

Posting Komentar

techieblogger.com Techie Blogger Techie Blogger